Teh, aobelix dan asterix

Dalam komik “Asterix dan Obelix di Inggris” disebutkan bahwa orang-orang Inggris akhirnya bisa mengusir tentara Romawi bukan karena ramuan ajaib dari dukun Panoramix – melainkan dari dedaunan hasil kiriman teman Panoramix dari Timur Jauh. Dedaunan tersebut disebut Teh. Dan menurut René Goscinny dan Albert Uderzo, penulis dan penggambar komik Asterix – itulah awal orang Inggris keranjingan minum teh.

Dan bila memang ada jenis minuman yang bisa menyatukan Barat dan Timur — maka tentunya itu adalah teh. China menanam teh, India dan Sri Lanka menanam Teh, Inggris penikmat teh – dan membawa gaya hidup tersebut ke hampir seluruh koloninya di muka bumi. Teh juga yang menjadi pendorong gerakan kemerdekaan Amerika Serikat lewat peristiwa “Boston Tea Party” ketika cukai tinggi dan monopoli atas teh – membuat orang Amerika ngamuk-ngamuk dan membuang bongkahan teh milik Inggris ke laut… (di kemudian hari lambat laun orang Amerika ternyata jadi lebih suka kopi daripada teh)

Dibanding kopi – tentu teh sedikit agak ketinggalan. Produksi dunia atas teh adalah sekitar 3,2 Juta Ton per tahun – jadi kurang dari setengah produksi kopi dunia — tetapi mengingat bahwa dibutuhkan lebih sedikit bubuk teh untuk menghasilkan secangkir teh — boleh jadi konsumsi teh dunia dalam ukuran cangkir – bisa sama banyaknya dengan kopi.

Siapa peminum teh terbanyak di dunia? Orang Turki (negeri yang anehnya juga terkenal dengan kopi dan tembakau-nya) mengkonsumsi 2,5 kg. teh per kapita per tahun, sementara Inggris berada pada tempat kedua dengan 2,1 kg.

Saya sendiri sebagai peminum teh — biasanya mengkonsumsi 2-3 cangkir sehari — pagi, siang dan sore. Teh favorit saya Earl Grey, tapi di Indonesia cukup susah memperoleh Earl Grey – jadi stok sisa yang ada berusaha saya hemat – dan mulai membiasakan diri dengan Teh Melati. Jenis teh lain yang menurut saya cukup enak : Lady Grey, Darjeeling, dan Assam. (btw, saya nggak pernah ngerti apa enaknya minum teh ditambah susu – seperti yang umum dilakukan orang Inggris)

Ngomong-ngomong — orang Indonesia juga termasuk penikmat teh yang luar biasa. Perusahaan Sinar Sosro, penghasil Teh Botol Sosro memproduksi kira-kira 146 Juta krat botol teh sosro. Bila kita hitung satu krat berisi 24 botol – maka konsumsi Teh Botol Sosro di Indonesia mencapai 3,5 Milyar botol… atau tiap orang Indonesia rata-rata minum 15 botol Teh Botol Sosro dalam setahunnya…

sumber: trivia multiply

~ by femi adi soempeno on February 6, 2007.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: