Teh Hijau untuk Panjang Umur

Tokyo – Anda doyan minum teh hijau? Jika ya, teruskan kebiasaan baik itu dan niscaya Anda panjang umur. Sebab, hasil studi terbaru di Jepang membuktikan bahwa mereka yang banyak minum teh hijau akan hidup lebih lama.

Demikian hasil studi yang dilakukan Dr. Shinichi Kuriyama dan koleganya di Tohoku University School of Public Policy, Sendai, Jepang. Riset ini dilakukan terhadap lebih dari 40 ribu pria dan wanita di Jepang.

Hasil riset menunjukkan, minuman teh hijau efektif dalam memerangi penyakit jantung dan stroke. Ini karena polyphenols, senyawa yang dikenal sebagai antioksidan yang terdapat pada teh hijau bisa menyehatkan tubuh sehingga
usia pun lebih panjang.

“Teh hijau bisa memperpanjang hidup Anda dengan mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke,” kata Kuriyama seperti diberitakan Fox News, Rabu (13/9/2006).

Penyakit jantung dan kanker merupakan dua penyebab utama kematian di seluruh dunia. Namun dalam riset ini ditemukan bahwa teh hijau tidak banyak bermanfaat untuk mengurangi risiko kanker.

Hasil studi ini diterbitkan dalam Jurnal Asosiasi Medis Amerika edisi 13 September. Penelitian ini dilakukan selama 11 tahun di Jepang yang 80 persen penduduknya minum teh hijau dan lebih dari separuhnya minum tiga atau empat
cangkir teh setiap hari.

Mereka yag dilibatkan dalam studi ini berumur antara 40 tahun hingga 79 tahun dan tidak memiliki sejarah stroke, penyakit jantung atau kanker saat riset dimulai tahun 1994 lalu.

Selama kurun waktu 11 tahun, mereka yang minum lima cangkir teh atau lebih setiap hari ternyata hidup lebih lama dan risiko penyakit jantungnya paling rendah dibandingkan mereka yang tiap harinya hanya minum satu cangkir.

Riset ini didanai oleh Kementerian Kesehatan, Tenaga Kerja dan Kesejahteraan Jepang.
sumber: detikcom

~ by femi adi soempeno on February 1, 2007.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: